Blinkie Graphics Generator at TextSpace.net

Kamis, 18 Desember 2008

Tuk Siasati MiGren

Apa itu Migren??
Selama ini mungkin kita dah tau ma yang namanya MIGREN. Dibandingkan dengan sakit kepala, migren lebih sakit dan nyeri. Bayangkan saja bila kepala ada seperti diremas dan diketuk-ketuk palu pada saat yang bersamaan. Pasti terasa super sakit kan. . . Migren adalah sakit kepala yang intens, disebabkan oleh pelebaran dan kontraksi pembuluh-pembuluh darah di wajah, kepala dan leher. Saat migren menyerang, penderita biasanya mengalami berbagai gejala seperti penglihatan kabur, pusing, mual, dan gemetaran.


Penyakit ini diderita oleh lebih dari 18% perempuan di dunia ini. Penyebabnya antara lain pola tidur kurang baik, perubahan cuaca, diet, obat-obatan, rokok, mata lelah, ataupun alergi makanan.



Lalu, bagaimana tuk mensiasati supaya terbebas dari migren?
Sejauh ini para ilmuwan mengetahui sedikit untuk mencegah migren. Kita harus tau ternyata makanan selain menjadi pemicu migren juga dapat digunakan untuk pencegah kambuhnya migren.

1.KARBOHIDRAT Makanan yang mengandung karbohidrat mampu meningkatkan kadar serontonin dalam otak yang bertanggung jawab dalam menyampaikan pesan antar sel-sel syaraf.

2.VITAMIN B6 Mampu meningkatkan kadar serontonin di otak. Jadi pastikan kebutuhan vitamin B6 tercukupi yaitu 1,6 mg untuk perempuan dan 2 mg untuk pria. Contoh makanan mengandung B6 adalah ikan tuna, serelia tumbuk utuh, havermout, beras pecah kulit, kentang dan jagung.

3.MINERAL Terpenuhinya kebutuhan mineral seperti kalsium, zat besi dan magnesium dapat membantu melindungi kita dari serangan migren
  • Kalsium : 200 mg per hari seperti, udang kering, tempe, tahu, sawi dan daun katuk.
  • Zat besi : 13 mg bagi pria dan 14-26 mg bagi perempuan. Misalnya udang, kacang merah, bayam, kangkung, dan ikan segar.
  • Magnesium : 280 mg untuk pria dan 250 mg untuk wanita. Contoh nya seperti serelia tumbuk, kacang-kacangan, sayuran hijau dan teri.
4.KOPI Mampu melegakan penderita migren, karena kafein mampu memperkecil pelebaran pembuluh darah untuk sementara. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, batasi max 200 mg per hari.

5.KEDELAI Kedelai dan produk olahannya mampu mengusir jenis migren tertentu. Kedelai mengandung isoflavon yang dapat meringankan migren.

6.JAHE Mampu menangkal prostaglandins, senyawa yang membuat pembuluh darah meradang dan pada akhirnya mengakibatkan migren.


Cara terbaik untuk mengetahui makanan mana yang mengundang migren dan tidak adalah dengan cara membuat catatan harian kapan kita terserang migren. Dengan mencatat kapan kita terserang migren, maka kita akan tau penyebab migren yang kita alami, mungkin berasal dari makanan yang kita makan sebelumya ataupun karena hal lain pemacu migren, misalnya stress. . .

Tidak ada komentar:

Patterned Text Generator at TextSpace.net

In The NaruTo

Template by:
Free Blog Templates