Blinkie Graphics Generator at TextSpace.net

Sabtu, 20 Desember 2008

Menghadapi KRITIKAN


Dikritik??

Sebagian orang nggak suka sama yang namanya "dikritik". Bagi mereka kritikan itu menyakitkan. Kalo nggak percaya, coba deh liat, ada nggak sich orang menghadapi kritikan dengan senyuman dan mata berbinar walaupun kritikan itu disampaikan dengan kalimat yang super halus dan manis.


So, gimana dong cara terbaik tuk menghadapi kritikan itu?


1. Jangan Emosi

Hal yang pertama yang kita lakukan biasanya cenderung emosi dan nggak mampu mengontrol diri kita. Dan emosi yang kita munculkan nantinya malah dapat merugikan kita, karena pengkritik akan menganggap kita sebagai orang yang mudah tersinggung. Lalu cara terbaik yang harus kita lakukan adalah tidak memberikan reaksi sama sekali, tahan reaksi kita sampai kita bisa menenangkan diri kita.


2. Kesalahan itu manusiawi

Kita kadang melakukan hal bodoh yang nggak kita sengaja, dan bisa aja muncul kritikan kecil dari orang lain. Kalau begitu, kita harus menyadari bahwa manusia tempatnya salah dan lupa. So, telaah lah kritikan itu dan ambil hikmahnya.

3.Tanyakan Alasannya

Kita sering merasa gelisah bila kritikan itu datang, sehingga kita tidak dapat menangkap tujuan pengkritik atas kritikan yang ia lontarkan, padahal kritikan itu merupakan tindakan evaluatif. Jadi bila kita dikritik cobalah meminta penjelasan secara rinci tentang alasannya mengkritik kita. Karena biasanya penjelasan tersebut dapat menjernihkan persoalan.

4.Pe_de aja lagi

Kemampuan untuk menanggapi kritik dengan baik berkaitan erat dengan rasa percaya diri kita. So, bangkitkan percaya diri kita dengan menganggap bahwa kritik itu merupakan penilaian orang lain terhadap prestasi kita, dan kita harus berterima kasih terhadap kritikan itu. Dan jangan lupa hadapi semua penilaian itu dengan positif thinking.

5. Intropeksi Diri

Jadikanlah kritikan itu sebagai suatu pengalaman untuk belajar. Berpikirlah dengan positif dan renungkanlah semua kritikan itu serta nilai diri kita sendiri, Cocok kah kita menerima kritikan itu? Karena dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan diri sendiri merupakan langkah awal menuju keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Patterned Text Generator at TextSpace.net

In The NaruTo

Template by:
Free Blog Templates